DASAR-DASAR PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI II
MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI
Disusun oleh :
- Dita Riski P
- Satria Arfi Y
- Penti Chesillia
- Windi Septa R
- Sri Sulistya
- Yuliza
- Yusrah Hayati
- Definisi pembelajaran mandiri
Pembelajaran mandiri adalah suatu proses
belajar yang mengajak siswa melakukan tindakan mandiri yang melibatkan
terkadang satu orang, biasanya satu kelompok. Tindakan mandiri ini dirancang
untuk menghubungkan pengetahuan akademik dengan kehidupan sehari-hari secara
sedemikian rupa untuk mencapai tujuan yang bermakna.
- Strategi pembelajaran mandiri
Strategi pembelajaran mandiri merupakan
strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu,
kemandirian, peningkatan diri. Belajar mandiri juga bisa dilakukan dengan teman
atau sebagai bagian dari kelompok kecil.
- Model-model pembelajaran mandiri
Beberapa model pembelajaran mandiri yaitu
:
- Model SAVI
Dave Meier menyajikan suatu sistem lengkap
untuk melibatkan kelima indera dan emosi dalam proses belajar yang dikenal
dengan model SAVI, yaitu :
Somatis è belajar dengan bergerak dan berbuat
Auditori è belajar dengan berbicara dan mendengar
Visual è belajar dengan mengamati dan
menggambarkan
Intelektual è belajar dengan memecahkan masalah dan
menerangkan.
- Model MASTER
Rose dan Nicholl memperkenalkan satu model
belajar yang dikenalkan dengan M-A-S-T-E-R, yaitu :
Mind è mendapatkan keadaan pikiran yang benar
Acquire è memperoleh informasi yang terdiri dari
gagasan inti
Search Out è mencari makna melalui pembimbing mereka
Trigger è memicu memori
Exhibit è memamerkan apa yang diketahui
Reflect è merefleksikan cara belajar
- Konsep pembelajaran mandiri
Sesuai dengan konsep belajar mandiri,
bahwa seorang siswa diharapkan dapat :
- Menyadari bahwa hubungan antara pengajar dengan dirinya tetap ada, namun hubungan tersebut diwakili oleh bahan ajar atau media belajar.
- Mengetahui konsep belajar mandiri
- Mengetahui kapan ia harus minta tolong, kapan ia membutuhkan bantuan atau dukungan.
- Mengetahui kepada siapa dan dari mana ia dapat atau harus memperoleh bantuan/dukungan.
Bagian terpenting dari konsep belajar
mandiri adalah bahwa setiap siswa harus mampu mengidentifikasi sumber-sumber
informasi, karena identifikasi sumber informasi ini sangat dibutuhkan untuk
memperlancar kegiatan belajar seorang siswa pada saat siswa tersebut
membutuhkan bantuan atau dukungan.
- Penerapan/implementasi
- Mengambil Tindakan
Siswa yang menghimpun, menyentuh, dan
mengumpulkan pengetahuan memiliki otak yang berbeda dibandingkan dengan siswa
yang hanya menonton, mendengar dan menyerap informasi.
- Mengajukan pertanyaan
Untuk menjadi mandiri, harus bisa
mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik dan tajam yang dapat menyempurnakan
keyakinan dan menjelaskan kejadian.
- Membuat Pilihan
Siswa memilih untuk berpartisipasi dalam
rencana kerja yang paling sesuai dengan minat pribadi dan bakat mereka. Serta
gaya belajar yang paling tepat bagi mereka sambil mencari keterkaitan antara
tugas sekolah dengan kehidupan keseharian mereka.
- Membangun Kesadaran Diri
Kesadaran-diri ini meliputi pengetahuan
tentang keterbatasan dan kekuatan kita, mengetahui bagaimana pandangan orang
lain kepada kita serta pengendalian emosi.
- Kerja Sama
Dengan bekerja sama, membantu siswa untuk
menemukan bahwa ternyata cara pandang mereka hanyalah satu diantara cara
pandang yang lain dan bahwa cara mereka melakukan sesuatu hanyalah satu
kemungkinan dari berbagai kemungkinan lain. Melalui kerja sama, dan bukannya
persaingan atau kompetisi, siswa menyerap kebijaksanaan orang lain.
- Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan dari pembelajaran ini adalah
:
• membentuk
peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab
• mahasiswa
mendapatkan kepuasan belajar melalui tugas-tugas yang diselesaikan
• mahasiswa
mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam hal penelusuran literatur,
penelitian, analisis dan pemecahan masalah, jika dalam menyelesaikan
tugas-tugasnya mahasiswa berkelompok menjadi semakin bertambah, karena melalui
kelompok tesebut mahasiswa akan belajar tentang kerja sama, kepemimpinan dan
pengambilan keputusan.
• mencapai tujuan akhir dan pendidikan yaitu
mahasiswa dapat menjadi guru bagi dirinya sendiri.
Kelemahannya adalah :
• bila
diterapkan kepada peserta didik yang belum dewasa, ia belum bisa belajar secara mandiri (masih
memerlukan bimbingan).
• Apa yang didapat dalam pembelajaran mandiri
masih belum tentu benar, maka perlu
melakukan pertanyaan atau diskusi.
Kesimpulan
Pembelajaran mandiri memberikan siswa
kesempatan yang luar biasa untuk mempertajam kesadaran mereka akan lingkungan
mereka.
Pembelajaran mandiri memungkinkan siswa
untuk membuat pilihan-pilihan positif tentang bagaimana mereka akan mengatasi
kegelisahan dan kekacauan dalam kehidupan sehari-hari.
Pola ini memungkinkan siswa bertindak
berdasakan inisiatif mereka sendiri untuk membentuk lingkungan
THANKS FOR
ATTENTION!!!!
• Pertanyaan
I
- indah : apa yang di maksud dengan mind ?
- Muktar : aplikasi dalam pendidikan/ pembelajaran biologi ? Dan cara mengambangkan nya ?
- Wahyu : indikator pembelajaran mandiri ?
Ini referensinya dari mana ya ?
BalasHapusApa yang harus dilakukan pendidik jika dalam belajar mandiri peserta didik tidak serius/tekun? Atau bahkan mengabaikannya?
BalasHapus