Strategi Pembelajaran Yang Melibatkan
Siswa
Pendahuluan
Salah
satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses
pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk
mengembangkan kemampuan berpikir.
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi Pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif
dan efisien (Kemp, 1995 dalam Sudrajat, 2008)
Dilain pihak Dick & Carey
(1985, dalam Sholahuddin, 2010) menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah ”suatu set materi dan prosedur
pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar
pada siswa”.
Strategi pembelajaran yang dapat
diterapkan
Rowntree (1974) mengelompokkan
kedalam strategi penyampaian atau exposition-discovery learning, dan
strategi pembelajaran kelompok dan strategi pembelajaran individual atau groups-individual
learning serta active learning.
l Dalam
strategi exposition, bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam
bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai
bahan tersebut , strategi ekspositori guru berfungsi sebagai penyampai
informasi
l strategi
discovery. Dalam strategi ini bahan pelajaran dicari dan ditemukan sendiri
oleh siswa melalui berbagai aktivitas, sehingga tugas guru lebih banyak sebagai
fasilitator dan pembimbing bagi siswanya.
l Strategi belajar individual dilakukan oleh
siswa secara mandiri. Kecepatan, kelambatan dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh kemampuan
individu siswa yang bersangkutan
l group
learning atau belajar kelompok dilakukan secara beregu. Sekelompok
siswa diajar oleh seorang atau beberapa orang guru. Bentuk belajar kelompok itu
bisa dalam pembelajaran kelompok besar atau pembelajaran klasikal; atau bisa
juga siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil semacam buzz group.
l Active
learning (belajar aktif) pada dasarnya berusaha untuk memperkuat dan
memperlancar stimulus dan respons siswa dalam pembelajaran,sehingga pembelajaran
menjadi hal yang menyenangkan, tidak menjadi hal yang membosankan
bagi siswa. Dalam metode active learning (belajar aktif) setiap
materi pelajaran yang baru harus dikaitkan dengan berbagai pengetahuan dan
pengalaman yang ada sebelumnya.
Perbedaan antara pendekatan pembelajaran Active
learning (belajar aktif) dan pembelajaran konvensional, yaitu:
aktivitas dan metode dalam kategori active
learning
- Interactive lecture / Ceramah interaktif
- Discussion / Diskusi
- Group discussion / diskusi kelompok
- Games / Permainan
- Opening Question
- Think-Pair-Share
- Focused Listing
- Brainstorming / curah pendapat
- Note check
- Minute Paper
- Lower House Debate
- Reaction to a video
- Final Question
l Implementasi Active Learning
Ø
Dialog
Ø
Observasi
Ø
Doing atau berbuat merupakan aktivitas belajar
di mana siswa berbuat sesuatu, seperti membuat suatu eksperimen, mengkritik
sebuah argumen, atau sebuah tulisan dan lain sebagainya.
l Kelebihan
dan Kekurangan Active
Learning
- Kelebihan
> Berpusat
pada peserta didik
> Penekanan
pada menemukan pengetahuan bukan menerima pengetahuan
> Sangat
menyenangkan
> Memberdayakan
semua potensi dan indera peserta didik
> Menggunakan
metode yang bervariasi
> Menggunakan
banyak media
> Disesuaikan
dengan pengetahuan yang sudah ada
2. Kekurangan
Active Learning
> Peserta
didik sulit mengorientasikan pemikirannya, ketika tidak didampingi oleh
pendidik.
> Pembahasan
terkesan ke segala arah atau tidak terfokus.
Kesimpulan
Penerapan
dari strategi – strategi yang melibatkan siswa dalam belajar dapat dilakukan
dengan menggunakan berbagai metode seperti diskusi, ceramah interaktif,tutor
sebaya, games, jigsaw,opening question dan sebagainya,
Strategi
– strategi yang melibatkan siswa dalam belajar tersebut memiliki kelebihan dan
kekurangan. kelebihannya antara lain pembelajaran lebih menyenangkan,siswa
lebih aktif, banyak metode yang digunakan dan sebagainya, sedangkan kekurangan
dari metode ini peserta didik sulit mengorientasikan pemikirannya, ketika tidak
didampingi oleh pendidik, dan pembahasan terkesan ke segala arah atau tidak
terfokus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar